Media Pembelajaran Kejuruan
NOTE : Postingan kali ini saya susun berdasarkan pemikiran sendiri. Jadi, jika ada beberapa hal yang kurang mewakili temen-temen semua..ya..ya..sudah..; (Tugas pertama makul MPK, membuat review gan)
Kompetensi Inti :
Kompetensi Inti :
Dapat
memahami konsep media pembelajaran secara teori dan praktik serta mampu
menerapkannya sesuai dengan sasaran (target) penggunanya.
Kompetensi
yang diharapkan :
Sedikit tambahan nih :
- Mampu memahami pengertian media, tujuan, manfaat, sumber dan alat pembelajaran
- Mampu memahami jenis-jenis gaya belajar dan metode pembelajaran yang sesuai
- Mampu menjelaskan makna peran media dalam komunikasi dan pembelajaran
- Mampu memahami fungsi, klasifikasi dan karakteristik media pembelajaran
- Mampu membuat media pembelajaran sesusai dengan procedure
- Mampu merancang media pembelajaran sesuai dengan sasaran penggunanya
- Mampu merancang dan mempresentasikan materi pelajaran berbasis komputer
- Mampu menggunakan dan mengakses aneka sumber belajar dan multi media
SEDIKIT REVIEW DARI SAYA !!!
Definisi Media Pembelajaran
Kejuruan
Menurut
saya untuk definisi dari media pembelajaran kejuruan sendiri dapat diambil dari
masing-masing penyusun kalimat tersebut yang mana tersusun dari tiga kata kunci
:
- Media, media dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Media dapat berupa sesuatu bahan (software) dan/atau alat (hardware).
- Pembelajaran , proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan.
- Kejuruan, kepandaian atau keterampilan khusus pada satu kelompok pekerjaan atau satu bidang pekerjaan.
- Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan si belajar / peserta didik dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
- Media pembelajaran kejuruan adalah media (segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan) dari pendidik ke peserta didik dengan memperhatikan kepandaian atau keterampilan khusus pada satu kelompok tersebut. Media pembelajaran disini dituntut untuk mampu menjawab kebutuhan dari masing-masing konsentrasi/jurusan yang diambil dari masing-masing peserta didik. Contoh : Peserta didik jurusan teknik mesin tentu condong menggunakan media pembelajaran (audio visual berisikan sebuah simulasi penggunaan atau cara kerja mesin). Sedangkan untuk pesertad didik jurusan seni rupa condong menggunakan media pembelajaran (visual).
Proses komunikasi pembelajaran menggunakan media
Gambar
01. Posisi media dalam sistem pembelajaran
Dalam
sebuah sistem pembelajaran media berperan sebagai perantaran antara sumber
informasi dengan target atau penerimanya. Skema diatas menunjukan bahwa ide (materi)
ditransormasikan (dikemas) kedalam sebuah media dapat dalam bentuk gambar,
audio, video untuk disampaikan ke target penerimanya. Proses transformasi ide
kedalam media (pendidik) dan proses penerjemahan isi media (peserta didik)
sangat dipengaruhi oleh pengalaman (tingkat pemahaman). Jika informasi
tersampaikan dengan baik maka akan ada umpan balik dari peserta didik atas
materi yang disampikan lewat media tersebut.
Fungsi dan manfaat adanya media pembelajaran
Media
pembelajaran memiliki fungsi dan manfaat yang sangat besar dalam proses
kegiatan belajar mengajar terlebih ketika perlengkapan atau alat praktik tidak
tersedia dapat diganti atau diproyeksikan dengan menggunakan model simulasi.
Secara lebih lengkap inilah fungsi dan manfaat media pembelajaran menurut saya
:
Fungsi
|
Manfaat
|
Memperjelas penyajian pesan
agar tidak bersifat verbalistis,
|
Materi pembelajaran dapat diseragamkan
|
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu,
dan daya indera
|
Pemebelajaran lebih menarik, interakti dan efektif
(waktu belajar)
|
Menghilangkan sikap pasif pada subjek
belajar,
|
Kualitas belajar dapat ditingkatkan
|
Membangkitkan motivasi pada
subjek
Belajar
|
Pembelajaran dapat terjadi kapanpun &
Dimanapun
|
Jenis – jenis media pembelajaran
Saat
ini secara garis besar media pembelajar terbagi menjadi tiga yaitu media cetak,
non-cetak dan media elektronik. Trend sekarang menunjukan penggunaan media
elektronik lebih dominan digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar
karena media ini cendrung praktis dan fleksibel. Berikut ini pengklasifikasian
jenis-jenis media pembelajaran :
Gambar 02. Jenis-jenis media pembelajaran
(sumber :
besmart.uny.ac.id/Pembelajaran-berbasis-multimedia)
Pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media
Menurut
saya dalam menggunakan media pembelajaran perlu memperhatikan beberapa hal
terutama materi ajar yang ingin disampaikan dan karakteristik peserta didik itu
sendiri. Kenapa demikian ? Karena setiap materi ajar itu cara penyampaiannya
beda-beda, sedangkan peserta didik sendiripun memiliki gaya belajar yang
berbeda-beda pula. Nah, disini pendidik harus jeli terhadap lingkugan belajar
yang akan diampunya.
- Tujuan yang akan dicapai
- Kesesuaian media dengan materi yang akan dibahas
- Tersedianya sarana dan prasarana penunjang
- Karakteristik siswa
- Media apa yang tersedia
- Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengembangkan program
- Berapa biaya yang diperlukan
Langkah-langkah Pengembangan Media
Pembelajaran
Setelah
kita memahami hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan dan
penggunaan media, berikut ini ada beberapa langkah dalam pengembangan media
pembelajaran :
- Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
- Merumuskan tujuan instruksional
- Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan
- Mengembangkan alat pengukur
- Keberhasilan
- Menulis naskah media
- Mengadakan tes dan revisi
Sedikit tambahan nih :
“Penggunaan media atau alat-alat modern
di dalam pembelajaran tentu tidak bermaksud menganti cara mengajar yang baik,
melainkan untuk melengkapi dan membantu para guru menyampaikan materi atau informasi.”
Komentar
Posting Komentar